Peneliti AIDS Jadi Korban MH17
2014-07-19 11:00:00

1968 Views 6 Comments

Tidak hanya masyarakat awam, lebih dari seratus aktivis dan peneliti AIDS pun menjadi menjadi korban jatuhnya pesawat Malaysia Airline MH17 akibat tertembak rudal di perbatasan Rusia dan Ukraina kemarin malam. 

Rencanya aktivis dan peneliti AIDS akan menghadiri Konferensi AIDS Internasional yang akan dilaksanakan pada 20 hingga 25 Juli 2014 di Melbourne, Australia. Mantan Presiden the International AIDS Society, Joep Lange ini menjadi salah satu korban dari 259 nyawa yang ada di dalamnya.

Kepala Perusahaan Pasokan Obat Non Profit yang bekerja dengan Global Fund dan Pemerintah Amerika Serikat di Afrika, serta Amerika Latin, Jonathan Quick, mengatakan Joep adalah sosok dari perubahan dalam pengobatan HIV/AIDS.

"Saya ingat pernah bertemu dengannya pada 1990-an. Dia benar-benar mendorong adanya pengobatan untuk penyakit itu," kata Jonathan seperti dikutip The Australian.

Kematian yang merenggut nyawa dari sosok  yang sangat berjasa tersebut, membuat minggu para penanti kehadirannya menjadi kelam dan gelap. Bagaimana mungkin, Joep yang masih dibutuhkan kehadirannya, pergi dengan cara tragis seperti ini.

Di mata Robert Grant, peneliti dari Gladstone Institue di University of California, Joep merupakan sosok mentor dan pemimpin yang luar biasa dalam bidangnya. Bahkan, Robert telah menjadikan Joep sebagai pembimbingnya, dan tak sungkan selalu meminta nasihat padanya.

"Saya telah bekerja cukup lama dengannya dengan sejumlah proyek. Hubungan kami sangatlah erat. Dia sangat terkenal sebagai sosok yang bergairah dalam mencari ilmu. Dia adalah ayah dari penelitian AIDS di negara berkembang," kata dia.

(bap/liputan6/theaustralian)

Related Articles

Comments