Bedanya Ayam Geprek dan Ayam Penyet
2017-08-29 08:05:00

219 Views 0 Comments

Sampai sekarang masih banyak orang yang tidak bisa membedakan antara ayam geprek dan ayam penyet yang merupakan kuliner khas Jawa Timur.

Keduanya memang sama-sama ayam goreng dan penyajiannya dilakukan dengan memukul-mukul dagingnya di atas cobek menggunakan ulekan sambal.

Ada satu perbedaan mendasar antara ayam geprek dan ayam penyet. Ayam yang digunakan untuk membuat ayam geprek merupakan ayam goreng tepung, bukan ayam goreng tradisional Indonesia yang diungkep terlebih dahulu sebelum digoreng.

Perbedaan lain yang cukup mencolok adalah sambal yang digunakan. Jika ayam penyet biasa disajikan dengan sambal terasi, baik itu mentah maupun matang, teman makan ayam geprek adalah sambal bawang.

Umumnya, sambal bawang terbuat dari cabai rawit, bawang putih, garam dan minyak goreng. Awalnya cabai rawit, bawang putih dan garam diulek kasar, lalu disiram dengan minyak panas.

Bisa dibilang ayam geprek merupakan inovasi ayam penyet yang lebih modern. Hidangan ini kian digemari anak muda karena ayam yang digunakan merupakan ayam goreng tepung dengan bagian kulit yang lebih renyah dan lezat.


http://www.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/950890-jangan-salah-ayam-geprek-dan-penyet-itu-beda

Related Articles

Comments

Web Statistics