Rahasia Hubungan Langgeng Berdasarkan Penelitian Ilmiah
2016-06-18 11:14:00

651 Views 0 Comments

Setiap pasangan kekasih pasti menginginkan hubungan cinta mereka bisa abadi hingga akhirnya menikah. Berbagai cara mereka lakukan untuk menjaga agar hubungan mereka langgeng.

Eric Barker, penulis blog Barking Up The Wrong Tree yang berisi berbagai kiat kehidupan berdasarkan penelitian ilmiah dari para ahli, memaparkan lima rahasia hubungan langgeng sebagai berikut:

1. Kesamaan musik dan zodiak tidak ada artinya
Sebuah penelitian yang merangkum 313 hasil penelitian menyimpulkan bahwa kesamaan kepribadian dan kesamaan pilihan musik, film, zodiak, tidak mempunyai dampak terhadap hubungan manusia.

Sementara itu studi pada 2010 yang meneliti 23.000 pasangan mengungkapkan bahwa kesamaan antarpasangan hanya berpengaruh 0,5 persen terhadap kepuasan mereka.

2. Bertengkar adalah hal yang biasa
Menurut para peneliti, pasangan yang suka saling mengeluh, bahkan mengeluh pada hal-hal sepele, justru akan mempunyai hubungan yang lebih langgeng. Sementara itu, pasangan yang hanya mengeluhkan hal-hal yang serius justru cenderung untuk bercerai.

Bertengkar bukanlah ciri hancurnya sebuah hubungan. Bertengkar itu normal dan alamiah. Tidak ada hubungan yang bebas masalah. Jika Anda bertahun-tahun berada dalam sebuah hubungan tanpa pertengkaran, jangan-jangan selama itu pula Anda tidak berkomunikasi.

3. Perkawinan hasil perjodohan juga bisa membuat bahagia
Banyak orang yang membayangkan indahnya cinta Romeo dan Juliet saat mencari pasangan hidup. Mereka saling jatuh cinta sejak pandangan pertama. Mereka tidak dijodohkan.

Namun sebuah riset tentang perkawinan yang dijodohkan oleh orang lain juga bisa berbahagia. Mereka memang tampak sulit pada awalnya. Namun setelah beberapa tahun, pasangan itu bisa juga sukses, bahkan lebih sukses daripada perkawinan Romeo dan Juliet.

4. Ketabahan dan ketaatan akan membuat hubungan langgeng
Sebuah studi tentang ketabahan dalam cinta mengumpulkan skor ketabahan dari 6.362 orang dewasa yang sudah menikah. Setelah menganalisis data itu, terungkap bahwa 17 persen lelaki yang tabah cenderung bertahan dalam ikatan perkawinan.

Ketabahan seseorang disebut menentukan seberapa keras dia mencoba bertahan dalam berbagai situasi. Perkawinan ibarat lautan yang kadang disapu badai dan topan. Orang yang tabah dalam menghadapi cobaan dalam perkawinan akan tetap bertahan untuk tidak bercerai.

5. Pasangan bisa memprediksi seberapa lama mereka bertahan
Ya, pasangan memang bisa meramalkan seberapa lama mereka bisa bertahan dalam perkawinan. Cerita yang mereka ungkapkan bisa meramalkan 94 persen apakah mereka akan bercerai dalam tiga tahun mendatang.

Setelah meneliti 52 pasangan berdasarkan cerita yang mereka ungkapkan sendiri, psikolog Kim Buehlman, John Gottman, dan Lynn Katz dari University of Washington mengungkapkan bahwa cara pasangan itu menggambarkan sejarah pertemuan mereka bisa meramalkan apakah mereka akan bercerai dalam tiga tahun ke depan. Hanya berdasarkan cerita masa lalu, para peneliti bisa meramalkan masa depan perkawinan mereka.


https://beritagar.id/artikel-amp/infografik/index.php/artikel/gaya-hidup/5-rahasia-hubungan-langgeng-berdasarkan-penelitian-ilmiah

Related Articles

Comments