Denda Rp 50 Juta Bagi Si Penyebar HIV-AIDS
2015-09-07 12:00:00

932 Views 0 Comments

Pemkot Sukabumi memberlakukan sanksi denda uang maksimal Rp 50 juta jika tidak menggunakan kondom saat berhubungan badan. Aturan itu diterapkan hanya bagi mereka yang terbukti menularkan virus HIV/AIDS dengan sengaja.

Sanksi itu terangkum dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang upaya penanggulangan HIV AIDS.

"Ada sanksi yang diberlakukan pada perda ini, jika seseorang terbukti dengan sengaja menularkan atau menyebarkan virus HIV/AIDS yang dideritanya kepada orang lain, maka akan terkena sanksi berupa denda uang dalam jumlah tertentu disesuaikan dengan tingkat kesalahannya," tegas Achmad Fahmi melalui Press Release Komisi Penanggulangan AIDS (KPA)

Masih kata Fahmi, dengan adanya payung hukum ini maka Pemkot Sukabumi akan lebih optimal dalam menekan penyebaran virus mematikan itu. Terlebih lagi petugas lapangan juga akan lebih nyaman dalam menjalankan tugas-tugasnya seperti diantaranya sosialisasi bahaya HIV/AIDS.Lebih lanjut Fahmi menyebutkan, KPA masih  menunggu hasil evaluasi Pemprov Jabar dan penomoran untuk Perda tersebut.

Dalam perda ini juga memuat kewajiban dari penderita HIV/AIDS atau disebut sebagai Orang Dengan HIV AIDS (ODHA). Setiap ODHA yang mengetahui dirinya atau pasangannya positif HIV wajib mencegah untuk tidak menularkan. Selain itu setiap ODHA juga wajib memberitahukan statusnya kepada petugas kesehatan yang menanganinya.

"Jadi dalam perda itu tidak hanya mengatur kewajiban pemerintah daerah saja atau layanan kesehatan, tapi didalamnya juga memuat kewajiban yang harus dipatuhi oleh ODHA juga untuk tidak menularkan kepada orang lain," tegas Fahmi.

(http://us.news.detik.com/berita-jawa-barat/3011084/denda-rp-50-juta-tak-pakai-kondom-di-sukabumi-untuk-yang-terbukti-sebarkan-hiv-aids)

Related Articles

Comments