Di Sukabumi, Ada 3000 Pria Rawan HIV-AIDS
2015-08-07 20:00:00

1390 Views 5 Comments

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Sukabumi merilis sekitar 3.000 orang pria berisiko tinggi tertular virus HIV/AIDS. Mereka merupakan pria yang masuk kategori memiliki cukup uang dan kerap menikmati layanan seks komersial.

Sekretaris KPA Kota Sukabumi, Fifi Kusumajaya, mengungkapkan angka pria berisiko tinggi ini diperoleh berdasarkan hasil penjangkauan yang dilakukan tim pendamping lembaga swadaya masyarakat dengan cara menjaring kelompok berisiko tinggi sepanjang Januari-Juni 2015. Hasilnya, terdapat ribuan pria yang sama terjaring secara berulang-ulang.

"Mereka umumnya pria yang memiliki cukup uang dengan pola hidup yang cenderung menikmati kehidupan malam serta pria yang masuk kategori kerap menikmati layanan seks komersial. Pria dengan prilaku seperti ini termasuk berisiko tinggi tertular virus HIV/AIDS," kata Fifi.

Selain kedua perilaku tadi, pria yang berisiko tinggi tertular HIV/AIDS adalah kaum gay dan kaum transgender. Hasil penjangkauan menunjukkan pria yang menyukai sesama jenis ini jumlahnya mencapai 501 orang. Sedangkan kaum transgender jumlahnya diperkirakan sebanyak 44 orang.

"Bila melihat hasil penjangkauan, jumlah pria berisiko tinggi ini berpotensi akan bertambah setiap tahunnya."

Dengan tingginya jumlah pria seperti ini, tingkat penyebaran virus kepada kalangan ibu rumah tangga sangat tinggi.

"Jumlah penderita HIV/AIDS berstatus ibu rumah tangga saat ini cukup tinggi, mereka tertular dari pasangannya masing-masing," kata Fifi.

(http://daerah.sindonews.com/read/1030225/21/3-000-pria-di-daerah-ini-rawan-hiv-aids-1438862593)

Related Articles

Comments