Beredar Bawang Merah Impor Ilegal
2015-05-27 09:00:00

1129 Views 3 Comments

Keberadaan bawang merah impor di pasar-pasar induk Jabodetabek dipastikan masuk secara ilegal. Keberadaan bawang impor ilegal ini dikait-kaitkan dengan importir bawang yang bermain.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), Abdullah Mansuri.

"Ini ada pemain besar yang bermain, cuma butuh kerjasama dengan pemerintah untuk mengungkapnya bukan hanya IKAPPI saja," katanya.

Mansuri mengatakan terkait temuannya ini, memang masih perlu didalami oleh pemerintah. Ia mendorong pengawasan bea cukai kementerian keuangan dan kepolisian harus bekerja lebih keras.

Ia juga mengatakan, seharusnya pemerintah bisa sangat melacak para importir atau pedagang besar yang diduga bermain termasuk memasukan barang secara ilegal. Dari temuannya di lapangan, bawang impor ilegal yang masuk ke Pasar Induk berasal dari kawasan Tanjung Priok.

"Ada pemain yang nakal yang mencoba bermain, pemerintah memang belum membuka impor, tapi ada barang impor," katanya.

Menteri Perdagangan (Mendag), Rachmat Gobel, menegaskan, bahwa bila ada bawang merah impor yang beredar saat ini di pasar-pasar adalah produk ilegal alias selundupan. Hal ini karena sepanjang 2015, kementeriannya tak pernah mengeluarkan izin impor bawang merah.

Selama 2015, Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementerian Pertanian (Kementan) berhasil mencegah serta memusnahkan 206.046 ton bawang merah impor ilegal. Bawang merah impor ilegal ada yang masuk dari Malaysia dan Singapura.

(http://finance.detik.com/read/2015/05/26/163801/2925541/4/bawang-merah-impor-ilegal-beredar-ada-pemain-besar-bermain?f9911013)

Related Articles

Comments