Bakal Ada Charger Laptop Universal
2013-12-18 18:05:49

982 Views 0 Comments

International Electrotechnical Commission (IEC), organisasi internasional yang mengatur regulasi untuk peralatan elektronik, tengah mempersiapkan desain charger laptop yang bersifat universal.

Dikutip dari The Register, IEC mengatakan charger laptop universal itu akan menjamin kompatibilitas di semua laptop karena menggunakan interface yang sama. Hasilnya tentu akan mengurangi limbah elektronik dan biaya karena vendor tidak perlu menyertakan charger baru di setiap produknya. Serta konsumen tidak perlu memiliki charger yang berbeda untuk setiap laptop yang dimiliki.

Upaya untuk menyeragamkan desain charger laptop ini sama seperti yang sudah dilakukan di ponsel pada tahun 2009 lalu. Sekarang kita sudah bisa menggunakan charger untuk ponsel yang beda merk, misalnya untuk Samsung tapi bisa dipakai di BlackBerry. Sebuah langkah cerdas yang mendapat dukungan dari banyak vendor, kecuali Apple.

Apakah rancangan charger universal untuk laptop ini akan diadopsi oleh para vendor notebook? Kita harus menunggu, sebab spesifikasi desainnya baru akan dipublikasikan tahun depan. (rn)

Related Articles

Comments

Web Statistics